Senin, 16 Januari 2017

Menganalisis Samsung Z2 dan Oppo F1 Paling Dicari Netizen Sepanjang 2016


Samsung Z2 jadi ponsel yang paling banyak dicari di mesin pencari Google sepanjang tahun 2016. (Foto: CNN Indonesia/Hani Nur Fajrina)

Jakarta, CNN Indonesia -- Google Indonesia merilis varian ponsel yang paling dicari pengguna internet sepanjang tahun 2016. Lima ponsel yang dibanderol di kisaran kurang dari Rp6 juta

Urutan pertama dipegang oleh Samsung Z2. Ditengah popularitas Android, Samsung untuk pertama kalinya memilih sistem operasi Tizen untuk ponsel Z2.

Dari sisi harga Samsung Z2 dibanderol cukup murah yakni Rp899 ribu. Selain menyoal harga, netizen di Indonesia juga dibuat penasaran dengan layanan dan aplikasi pendukung Z2.

Di sela peluncuran pada Oktober lalu, ponsel dengan layar 4 inci ini diklaim menyasar pengguna berjiwa muda yang menyukai teknologi namun butuh perangkat dengan harga terjangkau.

Tak heran jika Z2 hanya dibekali prosesor 'ala kadarnya' seperti prosesor Quad-core 1,5GHz dan RAM 1GB serta baterai berkapasitas 1.500 mAh.

Spesifikasi lainnya yakni penyematan fitur kamera dengan resolusi 5 mega piksel di sisi belakang dan VGA di bagian depan. Keterbatasan layanan pendukung mendorong Samsung menggandeng sejumlah pengembang untuk mengembangkan peranti lunak dan aplikasi Tizen.

Selain Samsung Z2, Google mencatat lima besar ponsel yang paling dicari didominasi oleh produsen China. Urutan kedua dipegang oleh Oppo F1 yang menjadikan fitur kamera sebagai keunggulan utamanya.

Sementara urutan ketiga dipegang oleh Xiaomi Redmi 3 yang dipatok Rp1,4 juta. Meski dibanderol cukup terjangkau Xiaomi tetap mempertahankan ciri khas utamanya yakni spesifikasi mumpuni.

Hal tersebut terlihat dari penggunaan layar 5 inci IPS Full HD, RAM 2 GB, memori internal 16 GB, prosesor Snapdragon 616, serta kamera beresolusi 13 MP di bagian belakang.

Satu-satunya ponsel besutan Apple yang banyak dicari sepanjang tahun 2016 hanya iPhone SE. Hal tersebut lantaran harganya yang berada di kisaran antara iPhone 5s dan iPhone 6.

Meski tidak secara resmi msuk di Indonesia kemunnculan iPhone SE cukup menyita perhatian netizen sepanjang tahun 2016.

Vivo V5 menjadi ponsel di urutan kelima yang paling dicari di Google. Layaknya Oppo F1, Vivo V5 juga mengandalkan fitur kamera depan 20MP untuk swafoto. (evn)


Pendapat :
Dari berita diatas menurut saya kedua smartphone tersebut Oppo F1 lah yang menurut saya paling bagus dibandingkan Samsung Z2, kesan pertama saya terhadapat Samsung Z2 adalah "HP Masa Gitu" dengan smartphone harga dibawah 1 juta menurut saya spesifikasinya sudah lumayan mencukupi seperti Prosesor Quad Core 1.5 GHz, RAM 1GB, Layar 4 inci, Kamera belakang 5 MP, Kamera depan VGA dan Baterai 1500mAh tapi sayangnya OS yang digunakan adalah TIZEN bukan ANDROID dimana Samsung Z2 akan disuguhi dengan antamuka yang berbeda dengan samsung-samsung lainnya yang bersistem operasi android, Mengenai tentang tizen. Tizen merupakan sistem operasi bersifat terbuka (open source) yang memakai inti program (kernel) Linux. 
dan keunggulan Oppo F1 adalah terletak pada kamera yang sangat bagus dan spesifikasi yang sudah mumpuni. kedua smartphone tersebut Oppo F1 maupun Samsung Z2 pasti mempunyai kelebihan dan kekurangan contohnya dengan Samsung Z2 yang dibawah 1 juta kita sudah bisa merasakan spesifikasi yang lumayan cukup bagus, lainnya dengan Oppo F1 kita harus mengocek lebih dalam untuk mendapatkan spesifikasi yang sudah mumpuni.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar