Minggu, 22 Januari 2017

Menggambar Rangkaian Gerbang Logika Dengan Proteus

Gerbang Logika

Gerbang logika atau gerbang logik adalah suatu entitas dalam elektronika dan matematika Boolean yang mengubah satu atau beberapa masukan logik menjadi sebuah sinyal keluaran logik. Gerbang logika terutama diimplementasikan secara elektronis menggunakan diode atau transistor, akan tetapi dapat pula dibangun menggunakan susunan komponen-komponen yang memanfaatkan sifat-sifat elektromagnetik (relay), cairan, optik dan bahkan mekanik. Terdapat tiga gerbang logika dasar, yaitu : gerbang AND, gerbang OR, gerbang NOT. Ketiga gerbang ini menghasilkan empat gerbang berikutnya, yaitu : gerbang NAND, gerbang NOR, gerbang XNOR.

Skematik Rangkaian Gerbang Logika



Gambar diatas adalah skema Gerbang Logika yang digambar dengan software "Proteus 8 Professional" disini saya akan menjelaskan proses menggambar menggunakan proteus:
  1. Langkah pertama bukalah software "Proteus 8 Professsional" jika anda belum memiliki silahkan download di link ini
  2. Jika sudah terbuka klik "Schematic Capture"
     
  3. Selanjutnya klik "P" yang terdapat dilayar monitor, lalu mencari komponen yang dibutuhkan seperti: AND, NAND, XOR, LOGICSTATE, & LOGICPROBE (BIG). ketiklah di dalam kolom "keywords"
  4. Susunlah komponen-komponen tersebut menjadi seperti rangkaian Gerbang Logika.
  5. Untuk menyambungkan atau membuat garis, kita bisa memilih "2D Graphics Line Mode" atau dengan mendekatkan kursor ke kaki komponen hinggan kursor berubah menjadi gambar pensil, kemudian tarik garis dari satu komponen ke komponen lain.
  6. Silahkan cek komponen yang sudah disusun, apakah sudah success atau error, dengan cara klik play di pojok kiri bawah. Jika ada berwarna merah berarti komponen yang disusun terjadi error dan sebaliknya jika berwarna hijau berarti komponen yang disusun sudah success.
  7. Dan bagian yang terakhir silahkan klik Logicstate di lembar kerja anda untuk menentukan tabel kebenaran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar