Selasa, 10 Januari 2017

Menggambar Rangkaian Multivibrator Monostabil Dengan Proteus

Multivibrator Monostabil

Multivibrator Monostabil merupakan salah satu pengembang oscliator tipe relaksasi dengan pemicu (triggerred). Multivibrator Monostabil memiliki satu kondisi sehingga sering juga disebut sebagai multibrator one-shot. Saat osilator terpicu untuk berubah ke suatu kondisi pengoperasian, maka pada waktu singkat akan kembali ke titik awal pengoperasian. Konstanta waktu dan rangkaian tank circuit RC menentukan periode waktu perubahan keadaan. Rangkaian memiliki dua kondisi yaitu kondisi stabil dan kondisi tak stabil. Rangkaian akan rileks pada kondisi saat tidak ada pulsa. Kondisi tak stabil dengan pulsa pemicu pada masukan. Setelah selang waktu 0,7 R2C1, rangkaian multivibrator kembali ke kondisi stabil. Rangkaian multivibrator monostabil tidak mengalami perubahan sampai ada pulsa pemicu yang datang pada jalur input oscilator.

Skematik Rangkaian Multivibrator Monostabil
Gambar diatas adalah skema multivibrator monostabil yang digambar dengan software "Proteus 8 Professional" disini saya akan menjelaskan proses menggambar menggunakan proteus:
  1. Langkah pertama bukalah software "Proteus 8 Professsional" jika anda belum memiliki silahkan download di link ini
  2. Jika sudah terbuka klik "Schematic Capture" 
  3. Selanjutnya klik "P" yang terdapat dilayar monitor, lalu mencari komponen yang dibutuhkan. ketiklah di dalam kolom "keywords". 
  4. Susunlah komponen-komponen tersebut menjadi seperti rangkain multivibrator monostabil.
  5. Untuk menyambungkan atau membuat garis, kita bisa memilih "2D Graphics Line Mode" atau dengan mendekatkan kursor ke kaki komponen hinggan kursor berubah menjadi gambar pensil, kemudian tarik garis dari satu komponen ke komponen lain.
  6. Untuk mencari Ground,Input, & Output kita pilih Toolbar "Terminal Mode".
  7. Terakhir silahkan cek komponen yang sudah disusun, apakah sudah success atau error, dengan cara klik play di pojok kiri bawah. Jika ada berwarna merah berarti komponen yang disusun terjadi error dan sebaliknya jika berwarna hijau berarti komponen yang disusun sudah success.
    Run the simulation : Error

    Run the simulation : Success


Tidak ada komentar:

Posting Komentar